Slider

Recent Tube

Wisata

News Scroll

Favourite

Event

Culture

Gallery

» » » » Proses dan kegunaan fotosintesis bagi kehidupan

 Bagaimana rasanya jika dimusim kemarau yang panas ini, kita duduk dibawah pohon yang yang rindang...? Aduhai rasanya pasti nyaman sekali merasakan hembusan semilir angin pepohonan.Mengapa hal ini bisa terjadi...? Itu semua karena adanya proses fotosintesis.
Pengertian fotosintesis adalah suatu proses dari tumbuhan terutama tumbuhan yang memiliki klorofil atau zat hijau daun untuk menghasilkan karbohidrat dan oksigen dengan bantuan sinar matahari ataupun tanpa bantuan sinar matahari (tidak dapat terjadi jika tanpa bantuan sinar matahari dari proses fotosintesis sebelumnya).
Mengapa tumbuhan melakukan fotosintesis...?
Fotosisntesis mutlak diperlukan oleh tumbuhan, manfaat fotosintesis bagi tumbuhan adalah sebagai berikut :
a. Membantu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
b. Membantu perkembangbiakan tumbuhan
c. Membantu pernapasan sel-sel tumbuhan
d. Membantu pergerakan tumbuhan
e. Menghasilkan cadangan makanan untuk tumbuhan

Dalam proses fotosintesis yaitu ketika air, mineral dan karbondioksida diolah di daun tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil, dengan bantuan sinar matahari maka akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat akan disimpan tumbuhan misalnya di batang, di umbi, di daun, di biji, dan di buah sebagai sumber makanannya. Sedangkan oksigen akan dilepaskan ke udara bebas. Sehingga jika kita berada disekitar pohon maka akan merasakan lebih banyak oksigen atau udara.
Demikianlah penjelasan singkat tentang Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...